Jumat, 08 April 2011

Lagi, Ratusan Artefak Ditemukan Di Bukit Dama


Haluan Jumat, 08 April 2011
BATUSANGKAR-HALUAN. Setelah melakukan penelitian beberapa minggu ini, tim arkeolog BP3 ( Balai Pelestarian Peningalan Purbakala ) Tanah Datar yang bekerjasama dengan Arkeolog dari Freie University Berlin, Jerman kembali temukan ratusan keeping artefak di Bukit Dama Jorong Bukit Gombak Kecamatan Limo Kaum kamis 07/04.

Meilin Tjoa penangung jawab penelitian yang didampingi oleh Veronique ahli arkeolog dari Belgia mengatakan, penemuan artefak ini diperkirakan adanya sejarah pemukiman masa kerajaan Adityawarman.

“Pengalian sedalam 50cm yang dilakukan tim menemukan berbagai jenis manik manik, tempayan, pring yang berukiran dan kendi yang menandakan adanya pemukiman di sekitar kawasan ini,” ucap Meilin Tjoa.

Katanya, dia bersama 12 orang tim arkeolog yang diketuai oleh suaminya Prof.Dr. Dominik Bonatz selama sisa waktu 12 hari ini akan melakukan penagalian yang maksimal dalam mencari bentuk bentuk peningalan sejarah lainnya yang berkemungkinan sangat potensi menemukan situs situs baru.

“Karena ini hanya penelitian awal, kita akan lakukan lagi tahun depan dengan memastikan titik titik yang berpotensi ditemukannya artefak maunpun situs situs yang dapat mengetahui tentang sejarah yang ada di bukit dama ini,” tambah ahli Arkeolog Jerman ini.(h/doy)

Comments :

0 komentar to “Lagi, Ratusan Artefak Ditemukan Di Bukit Dama”

KOLOM IKLAN

KOLOM IKLAN
Spesifikasi Dendeng Batokok

Dijual Cepat 10 unit Komputer Bekas

Spesifikasi : HD SEAGATE BARRACUDA 250GB 7.2K RPM SATA II / 300. VP DIMM 1 GB DDR2. SDRAM 800MHZ 16IC. Processor 2,7 Ghz (E5400).MB NEXT Chipset Intel NG41.Keyboard + Mouse.LCD Acer 16".Rp. 25 jt Bebas biaya Instalasi (Nego).BONUS.HUB 16 port.Headset.Stavol 500 Volt.UPS ICA.Printer Canon.Card Reder.Tang kriping tool.Mouse Pad.USB hub segitaga 4 port.Speker Aktif Simbada.Kabel Bulden.

KOLOM IKLAN

KOLOM IKLAN
Hub. 0852 74 207 501