Sabtu, 09 Juli 2011

Uang Daftar Ulang Mahal, Siswa Terancam Tak Bisa Lanjutkan Pendidikan

HALUAN, Selasa 05 Juli 2011


BATUSANGKAR-HALUAN. Puluhan siswa dan siswi kurang mampu SMPN 3 Lintau terancam tidak bisa melanjutkan pendidikan. Pasalnya pihak sekolah bebankan uang pendaftaran ulang sebesar Rp230 ribu kepada siswa yang naik ke kelas VII dan IX.
Keputusan yang diambil pihak sekolah dan komite SMPN 3 Lintau ini tidak melibatkan seluruh orang tua atau wali murid, sehingga membuat wali murid merasa keberatan dengan keputusan pihak sekolah yang disebutnya aturan baku yang tidak dapat diganggu gugat lagi.
Informasi yang diperoleh Haluan dari salah seorang wali murid SMPN 3 Lintau yang enggan disebutkan namanya, uang pendaftaran yang ditetapkan pihak sekolah cukup memberatkan sebahagian wali murid, sehingga dikuatirkan anaknya tidak dapat melanjutkan pendidikan.
“Kegunaan uang tersebut sangat tidak beralasan, pihak sekolah mengatakan dari uang hasil pendaftaran ulang tersebut akan digunakan membeli baju batik dan untuk uang pembangunan di SMPN 3 Lintau. Selama ini kita mengetahui aturan dari pemerintah bahwa uang pembangunan untuk Wajar 9 tahun sudah ditiadakan,” ujar salah seorang wali murid yang keberatan mengeluarkan uang sebesar Rp460 ribu karena memiliki dua orang anak di SMP ini kepada Haluan, senin 04/07.
Menurutnya, baju batik yang dimiliki murid sebelumnya juga masih ada dan cukup boros seandainya harus membeli lagi pada setiap memasuki tahun ajaran baru.
“Mungkin bagi orang tua yang mampu dapat langsung membayar ke sekolah, bagi yang tidak mampu tentu merasa kuatir dengan ultimatum pihak sekolah. Belum lagi orang tua yang memiliki anak lebih dari satu orang di SMP ini tentu akan lebih besar lagi biaya yang dikeluarkan,” tambahnya lagi.
Menyikapi permasalahan ini, Wakil Kepala Sekolah SMPN 3 Lintau Iskandar ketika dikonfirmasikan Haluan membenarkan adanya uang pendaftaran ulang tersebut yang sudah merupakan keputusan bersama antara wali murid dan pihak komite sekolah. Dan diakui ultimatum yang diberikan hanya berupa motifasi agar orang tua siswa dapat segera membayarnya.
“Keputusan tersebut sebetulnya tidak dipaksakan kepada orang tua siswa, namun seandainya masih ada orang tua murid yang tidak mampu, silahkan datang dan temui pihak sekolah untuk membicarakannya, kita komitmen akan membantu siswa dan siswi yang kurang mampu tersebut,” ujar Iskandar kepada Haluan diruang kerjanya, senin 04/07.
Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Lintau Buo Utara Sofyan mengatakan, uang pendaftaran tersebut cukup lumrah apabila keputusan tersebut sudah mendapat persetujuan dari komite sekolah yang melibatkan orang tua murid.
“Semua inikan tergantung dari kesepakatan seluruh pihak terkait, namun kita akan mencari penyelesaian permasalahan yang terjadi di SMPN 3 Lintau,” ujar Kepala UPT Disdik.(h/doy)

Comments :

0 komentar to “Uang Daftar Ulang Mahal, Siswa Terancam Tak Bisa Lanjutkan Pendidikan”

KOLOM IKLAN

KOLOM IKLAN
Spesifikasi Dendeng Batokok

Dijual Cepat 10 unit Komputer Bekas

Spesifikasi : HD SEAGATE BARRACUDA 250GB 7.2K RPM SATA II / 300. VP DIMM 1 GB DDR2. SDRAM 800MHZ 16IC. Processor 2,7 Ghz (E5400).MB NEXT Chipset Intel NG41.Keyboard + Mouse.LCD Acer 16".Rp. 25 jt Bebas biaya Instalasi (Nego).BONUS.HUB 16 port.Headset.Stavol 500 Volt.UPS ICA.Printer Canon.Card Reder.Tang kriping tool.Mouse Pad.USB hub segitaga 4 port.Speker Aktif Simbada.Kabel Bulden.

KOLOM IKLAN

KOLOM IKLAN
Hub. 0852 74 207 501